Mengaktifkan Notifikasi Desktop Arch Linux Openbox

Cukup melelahkan dan menjengkelkan, sudah banyak email yang terlewat, sebagian besar dari mereka begitu penting. Itu dikarenakan notifikasi desktop tidak aktif.

Sempat bertanya terhadap diri saya sendiri, apa yang salah dengan arch linux ini? Kenapa kalau ada email masuk tidak muncul notifikasi pop up sama sekali?

Mengingat sebelumnya ketika saya memakai distro selain arch linux seperti ubuntu, linuxmint notifikasi desktop muncul.

notifikasi desktop arch linux notification-daemon

Membuat saya penasaran dan kebetulan kalau tidak di atur maka akan terus seperti ini, ketika ada email masuk saya tidak akan tahu.

Ini yang harus saya lakukan !

Setelah berfikir cukup lama dan tidak membuahkan hasil, akhirnya saya membuka browser dan langsung mencari apa penyebab dari semua ini, walhasil saya menemukannya, ternyata Desktop Notification di arch linux saya belum diatur.

Apa itu desktop notification ? Dialog pop up kecil yang memberitahu user peristiwa tertentu.

untuk mendapatkan dialog tersebut pastikan anda sudah menginstall libnotify,

sebuah library yang dipakai untuk mengirimkan notifikasi desktop ke notification daemon (notification server), seperti yang di definisikan dalam spesifikasi notifikasi desktop.

Dan jangan lupa dengan notification server, untuk menerima apa yang dikirimkan oleh libnotify,

di beberapa desktop environment seperti Cinnamon, Deepin, GNOME, GNOME Flashback, dan KDE Plasma sudah menyediakan notification server milik mereka.

untuk yang lainnya, mungkin anda harus menjalankannya autostart dan menggunakan server notifikasi yang bersifat standalone/mandiri seperti notification-daemon yang saat ini saya pakai.

Iya, saya tidak memakai DE yang sudah di sebutkan sebelumnya di atas. Saya menggunakan OpenBox Sebagai WM sekaligus Desktop Environment,

Kenapa Memakai OpenBox? Saya tidak akan membahasnya disini, mungkin di artikel selanjutnya inshaAllah.

Yang akan saya bahas di artikel ini adalah fokus ke bagaimana cara mengaktifkan notifikasi desktop di arch linux menggunakan notification daemon, mari kita mulai.

Cara Mengatur/Mengaktifkan Notifikasi Desktop Di Arch Linu

Pertama, seperti yang saya katakan sebelumnya pastikan anda sudah menginstall libnotify, dan notification-daemon sebagai server notifikasinya.

Ikuti perintah dibawah ini untuk melakukannya

$ sudo pacman -S libnotify notification-daemon

Dan server notifikasi di jalankan secara otomatis melalui dbus, maka tambahkan syntax ini di services direktori dbus /usr/share/dbus-1/services untuk per-user di $XDG_DATA_HOME/dbus-1/services dengan nama file org.freedesktop.Notifications.service

Tips ! Bagi yang $XDG_DATA_HOME belum di set, kalian bisa ganti dengan $HOME/.local/share dan nanti jadinya akan seperti ini $HOME/.local/share/dbus-1/services

$ vim $HOME/.local/share/dbus-1/services/org.freedesktop.Notifications.service

Copy, dan paste. Isi file tersebut dengan contoh syntax dibawah ini.

[D-BUS Service]
Name=org.freedesktop.Notifications
Exec=/usr/lib/notification-daemon-1.0/notification-daemon

Setelah itu simpan.

Apa selanjutnya?

Kalian bisa tes, kalau saya ngetesnya memakai bash script, contoh kodenya dibawah dan silahkan nanti jalankan.

$ vim hello.sh

#!/bin/bash
 
notify-send "Hello Maxrooted" "Ini Contoh Notifikasi" --icon=dialog-information 

$ bash hello.sh

Hasilnya:

notifikasi desktop arch linux notification-daemon

Tips ! Jika tidak muncul desktop notification nya , atau tidak bekerja anda bisa coba restart terlebih dahulu linux anda.

Nah, Dengan begini saya tidak akan terlewat lagi ketika ada email penting yang masuk, karena sudah mengaktifkan notifikasi desktop di arch linux dengan notification daemon.
Jika anda mendapatkan masalah saat mengikuti tutorial ini, silahkan bertanya melalui komentar, atau jika ada saran untuk tutorial selanjutnya, bisa langsung memberitahu saya melalui kolom komentar.

Comments

About This Blog

MaxRooted, sebuah blog yang menyediakan banyak sekali tutorial seputar teknologi mulai dari android, komputer khususnya linux, tips unik, trik terbaru, dan lain lain.

Pages

Subscribe