Cara Install Font Di Arch Linux

Sudah lama tidak update artikel, dikarenakan saya ada beberapa proyek yang harus dikerjakan, kali ini saya akan mengambil topik tentang linux, seperti yang kalian ketahui di linux sudah terinstall beberapa font yang mungkin bisa anda gunakan.

Namun, terkadang anda masih belum puas dengan itu dan berfikir ingin menambahkan jenis font sesuai favorit anda, saya sendiri contohnya.

Dengan adanya masalah seperti itu secara otomatis kita berfikir ingin menambahkan font favorit kita, biasanya kasus ini terjadi terhadap graphic desainer dan user libreoffice.
dan apakah kalian tahu? Begitu banyak pertanyaan yang masuk kepada saya adalah bagaimana cara install font tahoma di linux, padahal saya sendiri tidak tahu, oke kembali ke topik pembahasan.

Cara Install Font Di Arch Linux

install font linux

"Lalu, bagaimana caranya gan?" Sejatinya di arch linux terdapat 2 metode penginstalan, yang pertama melalui pacman dan yang kedua instalasi manual, nah di instalasi manual ini terbagi menjadi dua jenis yaitu:
  1. Untuk Pengguna Tunggal/Single User
  2. Untuk Semua User.
Apa yang membedakan dari kedua jenis tersebut? Tentunya sangat berbeda , yang pertama hanya di install di user tunggal, jika seumpamanya di arch linux anda mempunya 2 user "a" dan "b" dan kalian menginstall font di user "b" maka font yang sudah terinstall di user "b" tidak akan ada di user "a".

Berbeda halnya dengan jenis ke-2, disini kita menginstall untuk semua user yang ada di arch linux kita. 
Lalu, mana yang lebih baik? apakah jenis ke-1 atau ke-2?
Kalau menurut saya pribadi saya lebih memilih instalasi manual jenis ke-2, namun mungkin kali ini saya akan memberikan tutorial semuanya dari 2 jenis tersebut.

Biasanya format font itu cukup banyak seperti ttf, otf , dan lain lain.

Untuk Semua User

Kenapa malah ini yang saya bahas pertama? Karena ini sangat disarankan, yups persiapan yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan font yang mau anda instal.

Disini saya sendiri ingin menginstal font tahoma, dan kebetulan saya sudah memiliki file fontnya dan masih dalam bentuk arsip, dan harus di ekstrak terlebih dahulu.

unzip tahoma.zip -d ~/Desktop/Fonts
Archive:  tahoma.zip
  inflating: /home/max/Desktop/Fonts/Tahoma Regular font.ttf  
  inflating: /home/max/Desktop/Fonts/TAHOMAB0.TTF  
  inflating: /home/max/Desktop/Fonts/TAHOMABD.TTF  
  inflating: /home/max/Desktop/Fonts/TAHOMA_0.TTF  
  inflating: /home/max/Desktop/Fonts/sharefonts.net.txt 

File tahoma zip sudah saya ekstrak ke direktori Desktop/Fonts, selanjutnya kita pindahkan file yang berformat .ttf ke folder /usr/share/fonts/TTF, jangan lupa pakai sudo ya, kenapa begitu? kalian belum paham tentang struktur direktori linux? kalau begitu silahkan pahami struktur direktori linux terlebih dahulu disini.

sudo mv *.{ttf,TTF} /usr/share/fonts/TTF/

Setelah kalian pindahkan, saatnya proses testing dengan libreoffice.

install font tahoma linux arch

Wow ternyata saya sudah berhasil menginstall font tahoma di arch linux.

Untuk Single User/Pengguna Tunggal

Caranya hampir sama dengan diatas, tetapi yang membedakan adalah letak folder penginstalannya, jika untuk semua user di /usr/share/fonts/TTF maka di single user adalah di ~/.local/share/fonts/TTF.

Apakah kalian mengerti? jika ada yang tidak mengerti silahkan komentar jangan malu-malu.

Info Tambahan ! Cara ini mungkin bisa diterapkan di distro linux lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Comments