404 NOT FOUND

BACK TO HOME OR SEARCH SOMETHING

Featured Post

Install Python di Android Dengan Aplikasi QPython

Install Python di Android Dengan Aplikasi QPython

Python merupakan bahasa pemograman yang cukup populer saat ini, sesuatu yang membuat bahasa pemograman ini populer adalah dalam penulisannya yang cukup simpel, dan tentunya python bisa dijalankan di …

Mengenal dan Panduan Konfigurasi Awal Git

Git merupakan version control system yang diciptakan oleh linus torvalds, dapat melacak dan mengetahui perubahan terhadap sebuah file lebih jelasnya adalah kode.

Tentunya ini akan membantu bagi para developer, seperti yang kita ketahui developer lebih dekat dengan yang namanya kode dan project.

Mulai Mengenal Git

belajar git dasar, pengenalan dan konfigurasi
Memang sebenarnya software ini dibuat untuk para programmer atau developer selama melakukan pengembangan source code softwarenya, tetapi pada kenyataannya tool keren ini bisa digunakan ke segala bentuk file juga.

Apakah kalian mengerti sampai disini? jika belum saya akan memberikan perumpamaan, dan perbedaan antara memakainya dan tidak.

Apa Yang Terjadi Jika Tidak Memakai Git?

Mungkin kalian pernah melakukan hal ini, ketika anda sedang membuat proyek baru seperti membuat theme web, tool atau apapun.

File itu kalian beri nama proyek.txt ketika ada perubahan atau sedikit penambahan fitur di proyek tersebut anda malah save as dan mengganti namanya menjadi proyek-v1.txt dan seterusnya akan begitu proyek-v2.txt , proyek-v3.txt

oke, saya tau maksud anda melakukan itu, niatnya biar gak kebingungan mana yang versi lama , dan mana yang versi terbaru. Tapi ya gak gitu juga.

Keuntungan Menggunakan Git

Seperti yang saya katakan tadi, software ini akan mencatat setiap perubahan yang ada di sebuah file proyek yang dikerjakan sendiri maupun oleh banyak orang, jadi kalian tidak perlu melakukan hal seperti diatas tadi.

Sampai disini, semoga anda mengerti, sekarang kita akan menuju ke topik selanjutnya yaitu konfigurasi yang harus dilakukan sebelum menggunakan tool ini.

Cara Install dan Konfigurasi Sebelum Menggunakan Git

Git tersedia di operasi sistem linux, windows, dan macOs. tetapi disini saya akan memberikan tutorial instalasinya untuk linux dan windows saja.

Tutorial Instalasi di Linux

Ubuntu, Debian, Linux Mint dan turunannya :
sudo apt-get install git
Fedora :
yum install git
Arch Linux :
sudo pacman -S git
Cek versi git :
git --version
output yang saya dapatkan, ternyata versi git saya adalah 2.20.1
git version 2.20.1

Tutorial Instalasi di Windows

Untuk windows, kalian bisa mengunduhnya melalui situs resminya disini
Setelah itu install seperti menginstall software di windows biasanya.

Setelah proses penginstalan selesai, kalian bisa mencobanya dengan membuka cmd atau powershell terlebih dahulu, setelah itu cek versi gitnya.
git --version

Langkah-langkah Konfigurasi Awal

Sebelum menggunakannya, kita harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu, lebih jelasnya kita akan mengatur username dan email, ikuti command berikut.
git config --global user.name "username anda"
git config --global user.email "email@anda.com"
setelah itu periksa konfigurasinya dengan
git config --list
maka output yang akan kalian dapatkan.
user.name=username anda
user.email=email@anda.com

Info tambahan !
Jika anda memiliki akun github, gitlab, dan sejenisnya anda harus mengisi user dan email yang sesuai. Tujuannya agar mudah diintegrasikan.
Sampai disini, proses konfigurasi sudah selesai untuk selanjutnya kita akan belajar mulai menggunakannya, dan membuat proyek baru dengan git.

PERHATIAN Klik tombol dibawah ini untuk mulai berkomentar, dan saya mohon berkomentarlah dengan baik.

Subscribe