Kumpulan Distro Linux Ringan Untuk Komputer Spek Rendah

Disini apakah ada yang ingin menginstall operasi sistem linux di komputer?  Tetapi sayangnya komputer anda bisa di bilang tidak memiliki ukuran RAM yang cukup?

Misal, anda hanya mempunyai ukuran RAM 1GB. Mungkin kalian akan bertanya tanya "apakah saya bisa memasang linux dengan ukuran RAM segitu?".

Jawabannya tentu saja bisa, distribusi linux untuk komputer tua juga banyak dan tentunya ringan.

Dari segi tampilan distro linux ringan biasanya tidak kalah bagusnya, tetapi mungkin ada sesuatu yang belum bisa memuaskan kita.

Cukup saran saja, jangan mengharap tampilan yang bisa memuaskan anda untuk komputer tua, yang terpenting adalah perfoma.

Saya juga heran kenapa terkadang orang mengedepankan penampilan dari pada kegunaan dan performanya.

Mungkin untuk mencari user linux seperti itu agak sulit, tapi ada kok seperti misalnya jika operasi sistem linuxnya memang dibuat sehari-hari bahkan buat kerja tentunya sang user tidak mau performa linuxnya menurun.

Kumpulan Distro Linux Ringan Terbaru

Oke sekarang kita ke inti dari artikel kali ini, saya akan menyebutkan beberapa distro linux yang menurut saya cukup ringan, 

Berikut adalah distro linux ringan menurut maxrooted :

5. Lubuntu


3 Distro Linux Ringan

Lubuntu , merupakan varian lain dari Ubuntu yang membuat berbeda adalah Default DE di lubuntu menggunakan LXDE, tetapi sekarang di versi lubuntu 18.10 Default DE yang dipakai adalah LXQT. di versi 18.10 tampilannya lebih bagus.

Namun, mungkin pemakaian RAM lebih banya sedikit dari pada yang menggunakan LXDE. Saya sudah membahas tentang lubuntu 18.10 di artikel sebelumnya

Kalian bisa download lubuntu di Official website Lubuntu

4. Puppy Linux


3 Distro Linux Ringan

Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Ringan terbaik yang tersedia. Ini menggunakan window manager JWM dan Openbox secara default.

Puppy memiliki sejumlah aplikasi yang sangat bagus dengan footprint kecil.
Distro ini membutuhkan sumber daya yang sangat sedikit untuk berjalan di mesin lama,

dan mengambil sedikit ruang, jika Anda memilih untuk menginstalnya.

Dapat langsung boot dari RAM. Anda bahkan dapat menyimpan file dan penyesuaian Anda ke drive USB yang berisi Puppy Linux

Kalian bisa download di Official website puppy linux

3. Tiny Core Linux


Image result for tiny core linux

Tiny Core adalah salah satu distro Linux yang paling ringan, hanya 16 MB, yang bercabang dari proyek Damn Small tetapi sekarang dikembangkan secara mandiri.

Muncul dengan FLTK / FKWM dan BusyBox desktop secara default. Inti berjalan sepenuhnya dalam memori dan boot dengan sangat cepat.

Terbagi 3 jenis edisi tersedia Core (11mb), Tiny Core (16mb), dan CorePlus (106mb), Tiny core linux sangat cocok sekali untuk komputer memori rendah.

Kalian bisa download di Official website Tiny Core Linux

2. Linux Lite


distro linux ringan (linux lite)

Linux lite, dilihat dari namanya saja sudah ketahuan bahwa distro yang satu ini, yang satu ini cocok untuk para newbie juga karena dikatakan oleh linux lite team.

“Linux Lite is fully functional out of the box, this means that you won’t have to install extra software when you boot your computer for the first time.” 

Disini intinya, Linux lite sudah berfungsi penuh di luar kotak, anda tidak perlu menginstall software extra ketika boot pertama kali di komputer anda.

Untuk info lebih lanjut, dan jika kalian ingin mendownloadnya bisa langsung mengunjungi Official Website Linux Lite

1. Arch Linux


distro linux ringan (arch linux)

Mengapa arch linux? Benarkah distro ini ringan? Jawaban dari saya, iya karena saat pertama kali anda menginstall linux ini yang sudah ada hanyalah paket paket dasar, bahkan untuk DE anda harus menentukan sendiri.

Saya sekarang menggunakan distro ini, sangat cocok untuk user linux yang sudah advance dan beginner (pemula).
Untuk tetap merasakan keringanannya, saya sarankan memilih LXDE, ataupun Openbox (Saya sekarang memakai Openbox).

Sekaligus Openbox saya jadikan sebagai Window Managernya.

Untuk info lebih lanjut, dan ingin mendownloadnya silahkan kunjungi Official Website Arch Linux

Comments