Tips Mempercepat Kinerja Android (New Guide)

Tips Mempercepat Kinerja Android

Android merupakan operasi sistem yang sudah tidak asing bagi anda, memang anda sudah tau tentang operasi sistem yang satu ini tetapi anda tidak tahu bagaimana cara untuk merawat android kesayangan anda tetap fresh dan sehat (kayak makhluk hidup aja, wkwk). Android bagi saya adalah salah satu teman yang selalu ada saat dibutuhkan, cukup lama sekali saya berteman dengan android.

Lupakan soal teman android, saya terkadang kasihan sama orang orang yang mendapatkan masalah pada android mereka. Cukup banyak sekali jenis masalahnya tetapi yang paling banyak saya temui adalah android mereka terasa lemot, android terasa lag. Nah disini saya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut, buat anda yang kebetulan mendapatkan masalah ini, saya senang karena gak sia sia saya menulis artikel ini, bermanfaat buat orang lain.

Disini saya membagi dua bagian, ada yang khusus untuk android belum di root (android non root) dan khusus buat android yang sudah di root (android root), oke daripada banyak bicara kita langsung saja ya gan.

1.1 Mempercepat Android (Non Root dan Root)


1. Rajin Update System

Update System (System Update) merupakan hal yang tidak terlalu penting bagi sebagian orang, padahal sebenarnya ini sangat penting di lakukan walaupun kenyataan kita tidak terlalu memperhatikan ini dikarenakan Update System akan memakan waktu yang lama dan banyak kuota. Walaupun begitu, bagi saya tidak ada alasan untuk tidak update system untuk android yang belum di root (android non root), jika tidak anda akan mendapatkan masalah besar selanjutnya antara lain bisa bootloop, ada aplikasi sistem yang sudah gak stabil lagi, termausk android akan lemot.

2. Matikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang (Background Process)

Pernahkah merasakan android kesayangan anda lemot, padahal aplikasinya hanya itu itu saja? Asal kalian tahu banyaknya aplikasi tidak terlalu mempengaruhi kinerja android anda, tetapi yang paling berpengaruh adalah banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, sebagai contoh aplikasi seperti security, cleaner, dan sejenisnya. Aplikasi yang saya sebutkan tadi mereka terus berjalan walaupun anda tidak membukanya, jadi solusinya anda hentikan aplikasi tersebut atau kalau bisa anda hapus saja. Mungkin anda akan bilang "Wah ! artikel ini menyesatkan !" asal kalian tahu android mempunyai security yang cukup jika anda belum melakukan root terhadap android anda, kasihanilah android anda yang selalu memikul beban ini (lebay anjir !). So, intinya jika ada aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memang anda tidak mau menjalankannya segera matikan saja (Paksa Berhenti). Buka Settings (Pengaturan) >> Application (Aplikasi) >> Running (Berjalan) , dan disitu anda akan menemukan daftar aplikasi yang sedang berjalan saat ini,

3. Bersihkan Cache Aplikasi

Saya sebenarnya bosan dengan ini, banyak teman saya ketika mereka mendapatkan masalah android lemot dan ketika saya perintahkan untkuk clear cache di beberapa aplikasinya mereka malah bilang "Ogah ah, nanti datanya ilang semua" Oh god...Please ! Cache merupakan tempat menyimpan data sementara yang bertujuan untuk mempercepat transfer data. Tetapi masalahnya nih, walaupun tujuannya baik, yang namanya menyimpan itu secara otomatis akan memakan free space di internal kita dan akan mempengaruhi kinerja android kita. Bisa jadi memori internal kita akan cepat penuh, lalu android anda mulai sesak dengan banyaknya cache yang tersimpan di android, setelah itu mungkin android anda sekarat. Please, kasihanilah android anda itu !

4. Matikan Animasi

Yups, dengan mematikan animasi maka kinerja android kita itu akan terasa lebih ringan daripada sebelumnya, saya tidak bisa menjelaskan lebih dalam lagi tapi mungkin cara ini berlaku buat android versi 5.x kebawah, karena mungkin kalau android yang versi terbaru seperti android 6.x android 7.x  dan android 8.x rata-rata memori ram mereka sudah besar. Cara melakukannya dengan buka Settings >> About Phone >> Klik 7 kali di Bagian Build Number >> Kembali ke Menu Settings >> Ada menu baru Developer Options >> Ubah angka ke 0.5x pada bagian Window Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animator Duration Scale


1.2 Mempercepat Android (Root Only)


1. Aplikasi Greenify

Ada sebuah aplikasi yang cukup canggih untuk android root (android yang sudah di root) yang memungkinkan anda menghentikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang hanya dengan satu klik nama aplikasi tersebut greenify. Saya sudah cukup akrab dengan aplikasi yang satu ini, setiap saya root android yang paling pertama saya ingat adalah greenify, sebenarmya masih banyak fungsi lainnya yang akan saya jelaskan pada artikel berikutnya.

2. Memasang Tweak 

Tweak atau script merupakan sebuah utility (fasilitas) yang dapat membantu sistem operasi pada android, tergantung pada tweaknya. Ada beberapa macam tweak yang bisa anda temukan di google tergantung keperluan anda, kita berbicara pada kalimat tweak jika ditambahkan ing dan menjadi Tweaking akan berarti mengutak atik, tentunya anda akan mendapatkan konsekuensi. Menurut pengalaman saya, jika tweak tersebut tidak cocok dengan android anda maka yang terjadi android anda akan terasa lemot.

Artikel Lainnya :

Comments