Kumpulan Perintah Dasar Linux dan Fungsinya

Apa yang kalian lakukan selanjutnya setelah menginstall linux? Memakainya? ya mungkin seperti itu, tetapi sebenarnya ada yang harus anda pelajari terlebih dahulu yaitu perintah dasar linux atau dalam bahasa inggrisnya basic command linux

Seperti kasus teman saya, dia pengen banget pakai linux setelah terinstall dia kebingungan walaupun itu menyangkut hal dasar yang ada di linux seperti update repo, upgrade package list, dan lain-lain.

Saya cukup sedih, sambil menahan tawa akhirnya saya ajari dia (Sebentar, sedih sambil menahan tawa? kira kira seperti apa ya? wkwk), dan syukurlah dia sekarang bisa menjalankan linuxnya tanpa kebingungan lagi, demi menghindari kasus ini terjadi lagi saya harus melakukan sesuatu !

Aha ! Saya akan membagikannya disini saja ! Dan itu akan membantu kalian yang ingin belajar perintah dasar linux.

Sebelum melangkah lebih jauh lagi, ngomong-ngomong saya menggunakan distro linux ubuntu. Bukalah terminal linux dengan menekan tombol CTRL + ALT + T

Yaps, untuk distro linux lainnya mungkin sama, tapi entahlah kalian coba sendiri saja.

Kita akan mulai sekarang tutorialnya !

Belajar Basic Command Linux (Bahasa Indonesia)


terminal linux

Kumpulan Perintah Dasar Linux (Basic command linux)

  • pwd - ketika anda pertama kali membuka terminal linux, anda akan berada di direktori home, untuk mengetahui di direktori mana anda berada anda bisa menggunakan perintah pwd di linux anda.
max:~$ pwd
/home/max
  • ls - perintah "ls" berguna untuk melihat atau mengetahui file apa saja yang ada di direktori tertentu, misalkan gambar dibawah ini sebagai contoh saya ingin melihat file apa saja yang ada di folder home.
max:~$ ls
 Coding     Desktop     Downloads   Learn   
 Pictures   Documents   Inkscape    Music
  • cd (change directory) - perintah "cd"  berguna untuk pindah direktori, sebagai contoh sekarang saya saat ini berada di direktori home, dan ingin berpindah atau masuk ke folder Downloads. Maka perintah yang akan saya tulis adalah "cd Downloads" , sekedar berbagi sedikit informasi mengenai perintah cd sangat sensitif, pastikan anda menulis direktori tujuan anda dengan benar.
max:~$ cd Downloads
max:~/Downloads$ 
  • mkdir  & rmdir - saya jelaskan satu satu, perintah mkdir untuk membuat folder baru. Sedangkan perintah rmdir untuk menghapus sebuah folder. Jika kalian belum mengerti saya akan memberikan contoh gambar dibawah.
max:~/test$ mkdir new_test
max:~/test$ ls
new_test
Disini saya membuat folder baru yang bernama new_test kemudian saya cek menggunakan command ls dan ternyata saya berhasil membuatnya.
max:~/test$ rmdir new_test
max:~/test$ ls
Disini saya memnghapus folder yang saya buat tadi dengan command rmdir kemudian saya cek menggunakan command ls ternyata folder tersebut sudah tidak ada.
  • rm - perintah "rm" berfungsi untuk menghapus file dan direktori, tetapi jika kalian hanya menulis "rm" itu akan bekerja untuk menghapus file saja, untuk menghapus direktori kalian harus menggunakan perintah rm dengan sebuah argumen -r jika digabungkan akan seperti ini "rm -r"
max:~/test$ rm namafile
max:~/test$ rm -r namafolder
  • touch - perintah "touch" berfungsi untuk membuat file baru, anda bisa membuat file txt atau zip kosong tanpa isi dengan perintah touch.
max:~/test$ touch new.txt
Dengan command diatas, saya sedang membuat file baru yang bername new.txt
  • man dan --help - perintah man berfungsi untuk mengetahui lebih lanjut tentang command argumen/option yang tersedia di sebuah program dan mempelajari bagaimana menggunakannya. Sebagai contoh saya ingin mengetahui cara menggunakan nano text editor maka saya akan menulis e.g  $ man nano, dan untuk perintah --help hampir sama kegunaannya dengan perintah man, e.g $ nano --help 
max:~$ man namaprogram
max:~$ namaprogram --help
  • cp - perintah "cp" berfungsi untuk mengcopy sebuah file melalui terminal linux, perintah cp memiliki2 argumen, argumen ke-1 file yang mau di copy, argumen ke-2 mau di copy ke mana file tersebut.
max:~$ cp fileyangingindicopy tempattujuan
Untuk lebih jelasnya, misalkan saya ingin memindahkan file anu.mp3 ke folder Desktop.
max:~$ cp anu.mp3 ~/Desktop
Penting ! tanda ~ itu yang berarti folder home, jadi jika di artikan /home/user.
  • mv - perintah "mv" berfungsi untuk memindahkan sebuah file melalui terminal linux, perintah mv juga bisa digunakan untuk rename file. perintah mv juga memiliki 2 argumen seperti perintah cp 
max:~$ mv fileyanginginidipindahkan tempattujuan
Untuk rename file menggunakan command mv sebagai berikut
max:~$ mv file1 file2
Diatas, saya mengubah nama file1 satu menjadi file2.
  • locate - perintah locate digunakan untuk mencari file di Linux melalui terminal, sama seperti perintah pencarian di Windows. Perintah ini berguna ketika Anda tidak tahu di mana file disimpan atau nama sebenarnya dari file tersebut. 
max:~$ locate namafile
Contoh lebih jelasnya, saya sedang mencari file dengan nama new.txt, dan ternyata saya menemukannya terletak di folder Music.
max:~$ locate new.txt
/home/max/Music/new.txt
  • echo - perintah echo berfungsi untuk menampilkan teks, lebih detailnya menampilkan teks di terminal linux kalian. Bukan hanya itu, perintah echo juga bisa digunakan untuk menyimpan sebuah data seperti teks ke dalam file.
max:~$ echo "anuku"
anuku
Untuk menyimpan data ke dalam teks maka anda harus menggunakan command seperti ini.
max:~$ echo "contoh text" > an.txt
Diatas saya menyimpan teks yang bertuliskan "contoh text" ke dalam file an.txt
  • cat - perintah cat berfungsi untuk menampilkan isi dari sebuah file, biasanya saya menggunakan perintah cat untuk menampilkan file yang berisi text.
max:~$ cat namafile
  • nano dan vi - sebenarnya nano dan vi bisa dibilang perintah, bisa dibilang ini text editor, jika kalian ingin membuat file baru untuk menulis text gunakanlah nano atau vi . e.g $ nano test.txt  | $ vi test.txt 
nano text editor

Kumpulan Perintah Dasar Linux dan Fungsinya

Vim Text Editor

Kumpulan Perintah Dasar Linux dan Fungsinya
  • sudo - perintah sudo adalah perintah yang paling sering digunakan di antara perintah linux lainya, sudo sendiri singkatan "SuperUser Do" jika anda ingin menjalankan sebuah program namun membutuhkan akses root kalian bisa menggunakan perintah sudo ini. e.g $ sudo <nama_program> 
max:~$ sudo namaprogram
  • df - perintah df berfungsi untuk melihat ruang disk yang tersedia di masing masing partisi di sistem anda. Anda cukup mengetikan df di terminal linux anda.
max:~$ df
  • du - perintah du berfungsi untuk melihat penggunaan disk file di sistem anda, jika anda ingin mengetahui penggunaan disk file di folder atau file tertentu, anda dapat menggunakan perintah du lalu di ikuti nama folder atau file anda. e.g $ du Documents 
max:~$ du
Untuk melihat disk usage (du) di folder tertentu !
max:~$ du Documents
Oke terimakasih, jangan lupa untuk terus mengunjungi blog ini karena akan ada update terbaru tips dan trik seputar teknologi terbaru.

Comments