Lubuntu 18.10 Distro Linux Ringan Dan Elegan

Bisa dibilang ini artikel santai karena saya tidak akan menulis tutorial, kali ini saya akan menulis tentang distro linux lubuntu 18.10

Sudah Beberapa tahun saya menggunakan linux tetapi ya begitulah saya sudah beberapa kali gonta ganti distro linux dikarenakan kurang nyaman (ini bukan berarti saya sering gonta ganti cewek karena pada kenyataannya saya emang gak punya cewek wkwkwk).

Terkadang merasa bingung sendiri sampai pernah saya ganti distro linux 3 kali dalam sehari, kebayang gak tuh? Untung HDD masih kuat bersabar dengan kelakuan saya.

Kalau gak bisa sabar tuh HDD mungkin bakal minta putus, dan saya sudah bisa ngebayangin bagaimana sakitnya jika itu terjadi.

Dari Linux Mint saya coba pindah ke kali linux, merasa kurang nyaman dan agak berat pindah lagi ke ubuntu, masih merasa berat lagi sempat mau pindah ke xubuntu tapi saya rasa sudah bosan, akhirnya kembali lagi ke Linux Mint.

Ini Dia Distro Linux Ringan : Lubuntu 18.10


lubuntu linux ringan



Setelah saya memakai Linux Mint cukup lama sekitar 6 bulan saya akhirnya merasa bosan, muncul ide untuk mencari distro baru untuk di install di komputer saya.

Kali ini saya mempunyai target yang cukup jelas, target saya adalah mencari distro linux ringan tetapi enak dipandang, kalau ibaratkan cewek itu sederhana tetapi bisa bikin adem hati ini wkwkwk,

Reader : "Woy, kapan mau ke inti artikel ini?"

Me : "Iya iya, sabar bosku..."

Waduh, oke kalau begitu kita langsung ke inti pembahasan pada artikel kali ini.

Apa itu Lubuntu 18.10?

Dirilis sekitar 1 bulan yang lalu, lubuntu 18.10 merupakan varian dari distro linux ubuntu dengan menggunakan Lightweight Qt Desktop atau biasa disebut LXQt, lubuntu menyediakan GUI yang sederhana namun cukup modern dan elegan.
Cukup mengejutkan karena ini pertama kalinya lubuntu menggunakan LXQt sebagai Desktop Environment, padahal sebelumnya menggunakan LXDE.

Dimanakah Saya Bisa Mendownloadnya?

ini bukan pertanyaan yang sulit, anda bisa mendapatkan lubuntu cosmic cuttlefish di sini kalian bisa memilih 64bit atau 32bit.

Rekomendasi System

Seperti yang dikatakan di website resmi mereka bahwa lubuntu bisa di install di komputer pentium II atau celeron dengan RAM 256mb, tetapi mereka merekomendasikan untuk menginstallnya di RAM 1GB.
Kalau menurut saya sendiri sih, akan lebih baik lagi kalau di install di RAM 2GB

Manakah Yang Lebih Ringan LXQt atau LXDE?

Sebelum saya memutuskan untuk menginstallnya saya masih sedikit mencari referensi lebih banyak mengenai lubuntu 18.10 yang berganti menggunakan LXQt sebagai desktop environmentnya.

Saya melakukannya dengan mengunjungi situs reddit dan mencari thread yang berhubungan dengan ini, pendapat masing-masing orang berbeda ada yang mengatakan "LXQt lebih ringan" ada juga yang bilang "LXDE masih lebih ringan"

Tetapi disitu saya makin penasaran dan akhirnya memutuskan menginstallnya dan membuktikan sendiri, dan ternyata sama saja, yang membuat berbeda adalah pemakai RAM saat startup,

saya berikan perumpamaan jika LXDE hanya memakai 300mb LXQt memakai 320mb, menurut saya ini perbandingan yang tipis dan akhirnya sampai sekarang saya masih memakai lubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish.

lubuntu 18.10 linux terbaru

Comments

All right Reserved © MaxRooted

Developed by : Mat Max